Pengantar

by | Mar 30, 2018 | HTML

HTML adalah sebuah standard yang digunakan dalam pembuatan situs web. Sebagai sebuah standard, dokumen HTML dapat dengan mudah dipahami dengan cara melihat struktur dasarnya. Sisanya adalah membaca spesifikasi yang dibuat untuk setiap tag, untuk dapat memahami kegunaanya. Spesifikasi ini berubah seiring waktu, namun perubahan ini tidaklah menyimpang jauh dari prinsip-prinsip dasar sejak pertama dikembangkan. HTML 5.0 merupakan versi paling baru dan dukungan browser terhadap versi ini masih sedang berlangsung.

HTML – Sekilas saja

HTML (HyperText Markup Language) hanyalah sebuah dokumen teks yang  digunakan untuk menampilkan informasi pada situs internet. Berbeda dengan dokumen teks pada umumnya, dokumen HTML memiliki penanda khusus (markup) yang disebut tag. Tag ini memiliki spesifikasi tertentu yang menjelaskan bagaimana informasi yang berhubungan dengan tag ini harus ditampilkan. Karena informasi yang terdapat dalam dokumen HTML memiliki penanda khusus (tag) maka sebelum dokumen ini dapat dilihat oleh pengguna, dokumen ini harus urai (parse) dan diinterpretasi kemudian diubah (render) menurut spesifikasi HTML untuk kemudian ditampilkan.

Browser

Browser merupakan aplikasi yang membantumu untuk mengunjungi dan menampilkan isi situs internet. Sehubungan dengan HTML maka browser bertugas untuk meminta dokumen yang HTML yang ingin kamu lihat, kemudian mengurai dan menginterpretasi dokumen tersebut, serta menampilkannya.

Popularitas Browser

Popularitas browser memperlihatkan penggunaan browser yang dominan oleh pengguna internet. Peringkat ini mungkin tidak akurat oleh karena beberapa hal seperti: metode pengukuran, situs tempat dilakukan pengukuran, dan lain sebagainya.

5 Browser paling populer (Dari kiri ke kanan) – diakses dari situs terkait pada Sabtu, 7 April 2018

Chrome (60.14%) Internet Exporer (12.46%) Firefox (11.99%) Edge (4.08%) Safari (3.64%) netmarketshare
Chrome (57.69%) Safari (14.79%) UC Browser (7.35%) Firefox (5.4%) Opera (3.65%) statcounter
Chrome (60.6%) Safari (15.4%) Internet Explorer/Edge (7.6%) Firefox (7.2%) Lainnya (2.9%) W3Counter

 

Versi HTML

Mengurai dan menginterpretasi dokumen HTML menjadi krusial ketika proses ini harus dilakukan oleh browser yang berbeda-beda. Di sinilah peran spesifikasi standard dari HTML dibutuhkan. Sejak pertama kali diluncurkan, spesifikasi dokumen HTML telah mengalami beberapa perubahan baik berupa pemuktahiran maupun tambahan spesifikasi baru. Perubahan-perubahan tersebut diwujudkan dengan menerbitkan versi baru dokumen HTML dalam bentuk rekomendasi. Rekomendasi ini kemudian menjadi acuan bagi pengembang browser untuk membangun sebuah browser.

Berikut adalah versi-versi HTML sejak pertama kali diluncurkan

HTML

  • HTML
  • HTML 2.0
  • HTML 3.2
  • HTML 4.01

XHTML

  • XHTML 1.0

HTML 5

Struktur Utama

HTML (HyperText Markup Language), hanyalah sebuah dokumen teks yang berisi kode tertentu (mark) yang nantinya akan diterjemahkan oleh browser (google chrome, safari, firefox, internet explorer, dsb) untuk ditampilkan. Mempelajari HTML sangatlah mudah, yaitu dengan mempelajari kode html atau lebih dikenal dengan sebutan tag. Dari sekian banyak tag, hanya beberapa tag saja yang perlu diingat karena sering digunakan. Jumlah tag dan definisinya berkembang menurut perkembangan standar HTML. HTML 5.0 merupakan versi HTML yang paling umum digunakan sekarang ini.

Perhatikan struktur HTML berikut:

Code 101: Struktur utama dokumen HTML

Semua teks di dalam tanda < > disebut tag. Dalam kode di atas, kita telah menggunakan kode aka tag sejumlah 4 tag yaitu,,menjadi instruksi khusus. Dalam hal ini tag

 

Seri: Programming itu gampang

Apa yang terlihat sulit itu sesungguhnya gampang. Hanya saja kita biasanya terlanjur melihat atau masuk terlalu dalam sebelum kita memahami gambaran besarnya. Segala sesuatu dapat dipahami dari gambaran besarnya terlebih dahulu, sebelum masuk ke dalam komponen sistem yang lebih detail, yang oleh sebagian orang disalah artikan sebagai sebuah kerumitan atau kesulitan,